Opini Presentasi

Pendapat presentasi tentang CSR pada kasus Matahari Departemen Store
CSR atau Corporate Social Responbility adalah suatu prinsip dalam bentuk tanggung jawab sosial yang berorientasi kepada stakeholder. Maksud dari stakeholder adalah individu, sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat baik secara keseluruhan atau yang memiliki hubungan kepentingan kepada perusahaan. Dalam contoh kasus ini, Matahari Departemen Store telah memenuhi CSR. Hal itu dibuktikan dari kepedulian terhadap lingkungan, menghargai karyawan, perlindungan konsumen, kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, dan program pengembangan yang dilaksanakan oleh Matahari Departemen Store berupa dana pedidikan sebesar 4 Milyar rupiah dan dana untuk kesehatan.


Pendapat presentasi tentang Budaya Organisasi serta Kendala Bisnis pada kasus Ayam Penyet Ghani
Budaya organisasi merupakan sebuah nilai-nilai yang dijadikan sebuah acuan pada sumber daya manusia dalam menjalankan suatu kewajiban dan tingkah lakunya didalam suatu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Didalam budaya organisasi ada beberapa karakteristik didalamnya. Dalam karakteristik ini, Ayam Penyet Ghani memenuhi karakteristik tersebut, diantaranya adalah inovasi dan keberanian mengambil resiko, perharian terhadap detail, berorientasi pada hasil, berorientasi pada manusia, dan berorientasi pada tim. Namun terdapat juga kendala, seperti persaingan yang cukup banyak dengan konsep serupa, maalah bahan baku, kurangnya sarana yang memadai.


Pendapat presentasi tentang GCG pada kasus Toko Bahagia

GCG atau Good Corporate Governance yang diartikan sebagai tata kelola perusahaan yang baik merupakan suatu mekanisme yang mengelola, mengatur dan mengendalikan suatu perushaan agar terciptanya nilai tambah agar operasional perusahaan berjalans esuai dengan harapan. Didalam GCG terdapat beberapa prinsip didalamnya. Menurut kelompok ini, kasus Toko Bahagia telah memenuhi prinsip GCG, diantaranya adalah transparasi yang berguna agar adanya keterbukaan dalam mendapatkan informasi yang akurat, kemandirian guna dapat menjalankan fungsi, tugas, dan tanggung jawab yang diberikan, akuntabilitas agar mewujudkan prinsip yang berguna membuat kelancaran pada usahanya, pertanggung jawaban karena Toko Bahagia mengutamakan kesetaraan dalam pengelola usaha terhadap peraturan yang berlaku, dan kewajaran agar meminimalisir penipuan, kecurangan, penyalahgunaan oleh orang dalam, hal ini dimaksudkan agar menjunjung tinggi keadilan dalam usahanya agar usaha pada Toko Bahagia bisa menjadi kepercayaan masyarakat.



Nama : Dineatama Dedi
NPM : 13214174
Kelas : 3EA23
Mata Kuliah : Etika Bisnis
Dosen : Widyatmini

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel: 5 cm

Resensi Novel: Satu Per Tiga

Tugas Bahasa Indonesia: Paragraf Deduktif