Opini Presentasi
Pendapat presentasi tentang CSR pada kasus Matahari
Departemen Store
CSR atau Corporate Social Responbility adalah suatu prinsip
dalam bentuk tanggung jawab sosial yang berorientasi kepada stakeholder. Maksud
dari stakeholder adalah individu, sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat
baik secara keseluruhan atau yang memiliki hubungan kepentingan kepada perusahaan.
Dalam contoh kasus ini, Matahari Departemen Store telah memenuhi CSR. Hal itu
dibuktikan dari kepedulian terhadap lingkungan, menghargai karyawan,
perlindungan konsumen, kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, dan program
pengembangan yang dilaksanakan oleh Matahari Departemen Store berupa dana
pedidikan sebesar 4 Milyar rupiah dan dana untuk kesehatan.
Pendapat presentasi tentang Budaya Organisasi serta Kendala
Bisnis pada kasus Ayam Penyet Ghani
Budaya organisasi merupakan sebuah nilai-nilai yang dijadikan
sebuah acuan pada sumber daya manusia dalam menjalankan suatu kewajiban dan
tingkah lakunya didalam suatu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan
bersama. Didalam budaya organisasi ada beberapa karakteristik didalamnya. Dalam
karakteristik ini, Ayam Penyet Ghani memenuhi karakteristik tersebut,
diantaranya adalah inovasi dan keberanian mengambil resiko, perharian terhadap
detail, berorientasi pada hasil, berorientasi pada manusia, dan berorientasi
pada tim. Namun terdapat juga kendala, seperti persaingan yang cukup banyak
dengan konsep serupa, maalah bahan baku, kurangnya sarana yang memadai.
Pendapat presentasi tentang GCG pada kasus Toko Bahagia
GCG atau Good Corporate Governance yang diartikan sebagai
tata kelola perusahaan yang baik merupakan suatu mekanisme yang mengelola, mengatur
dan mengendalikan suatu perushaan agar terciptanya nilai tambah agar
operasional perusahaan berjalans esuai dengan harapan. Didalam GCG terdapat
beberapa prinsip didalamnya. Menurut kelompok ini, kasus Toko Bahagia telah
memenuhi prinsip GCG, diantaranya adalah transparasi yang berguna agar adanya
keterbukaan dalam mendapatkan informasi yang akurat, kemandirian guna dapat
menjalankan fungsi, tugas, dan tanggung jawab yang diberikan, akuntabilitas agar
mewujudkan prinsip yang berguna membuat kelancaran pada usahanya, pertanggung
jawaban karena Toko Bahagia mengutamakan kesetaraan dalam pengelola usaha
terhadap peraturan yang berlaku, dan kewajaran agar meminimalisir penipuan,
kecurangan, penyalahgunaan oleh orang dalam, hal ini dimaksudkan agar
menjunjung tinggi keadilan dalam usahanya agar usaha pada Toko Bahagia bisa
menjadi kepercayaan masyarakat.
Nama : Dineatama Dedi
NPM : 13214174
Kelas : 3EA23
Mata Kuliah : Etika Bisnis
Dosen : Widyatmini
Comments
Post a Comment