Tulisan 1 Komunikasi Bisnis
Artikel
Ambisi Line Integrasikan Layanan Komunikasi Lewat Aplikasi
Ambisi Line Integrasikan Layanan Komunikasi Lewat Aplikasi
Memasuk usianya ke-6 tahun,
Line memiliki ambisi besar untuk mengintegrasikan seluruh
layanan komunikasinya. Untuk itu, Line akan fokus pada tiga konsep bisnis
utama, yakni "Everything Conneted", "Everything Videolized",
dan "Everywhere AI".
"LINE akan menggunakan strong
connection ke user untuk
meluncurkan layanan dengan tiga konsep tersebut. Kami menyebutnya smart portal strategy karena memiliki
ekosistem yang besar dan memberi layanan luas,"
ujar Line Corporation Representative Director & CEO, Takeshi
Idezawa pada LINE Conference 2017 di Shibuya, Jepang, Kamis
(15/6/2017).
Menurutnya, ketiga konsep tersebut merupakan perwujudan dari visi
Line dalam lima tahun mendatang, yakni "Communication
First". Oleh karena itu, Line akan memperkaya aplikasinya melalui
layanan-layanan terbaru, seperti menambah kapasitas video streaming, sekaligus memperluas
cakupan layanan kecerdasan buatan (AI).
Ia mencontohkan Line Messenger yang akan
dibekali peningkatan fitur kamera. Nantinya, pengguna dapat mengaktifkan
kamera pada fitur chat, serta
menambah efek atau filter menggunakan face recognation. Kemudian, layanan Line Pay.
"Sekarang bukan cuma terkoneksi dengan orang. Tapi (manusia) juga
terhubung dengan vending machine, beli
tiket pesawat, dan lainnya," tutur Idezawa.
Pada konsep "Everything Connected", Line Corporation Senior
Executive Officer & Head of Corporate Business Group, Shintaro
Tabata mengatakan bahwa pengguna dapat terhubung dengan layanan
pemerintahan.
"Line telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pemerintahan,
Shibuya, Fukoka dan Kumamoto dalam menggunakan aplikasi pesan Line untuk
mengirimkan informasi tentang perlindungan anak-anak dan layanan
pemerintahan," kata Tabata.
Kemudian, konsep "Everything Videolized" akan diwujudkan dalam
bentuk aplikasi Line Live. Lewat aplikasi ini, pengguna
Line bisa menyiarkan video live,
di mana pengguna lain bisa berkomentar. Dan pada konsep terakhir,
"Everwhere AI", Line menghadirkan aplikasi Clova yang
terhubung dengan banyak konten dan layanan.
"Aplikasi ini akan selalu ada di kehidupan kita sehari-hari.
Memberikan music experience, bisa
menjadi sekretaris, teman, juga rekan bicara. Karena semua lini kehidupan akan
terintegrasi pada Clova," ujar Line Corporation Director and CSMO,
Jun Masuda.
(Rita Ayuningtyas/Cas)
Kesimpulan
Artikel tersebut menunjukkan adanya komunikasi
efektif terbukti dari bagaimana Line mengembangkan layanan terbarunya untuk
meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi. Untuk kali ini layanan komunikasi
terfokus pada Everything Connected, Everything Videolized, dan Everywhere Al
dengan menggunakan strong connected ke user. Dengan adanya terobosan terbaru,
akses komunikasi menjadi lebih nyaman dan mudah dengan pengkatan fitur baru
pada kamera, kapasitas video streaming. Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas
pelayanan dalam berkomunikasi, namun juga dapat memikat bertambahnya para
pengguna Line.
Sumber:
Nama : Dineatama Dedi
Kelas : 4EA23
Mata Kuliah: Komunikasi Bisnis
Comments
Post a Comment